Power Suplay adalah -Sebuah perangkat keras  (hardware) yang berfungsi mensuplay daya atau tegangan listriklangsung k komponen yang ada didalam casing kompiter. Poer suplay menyuplai ke Matherboard, Hardisk, Heatsing, DVD Drive dan perangkat lain didalam casing komputer.



Power suplay saat ini sudah banyak memproduksinya. Berbagi merkdengan kualitas yang berbeda juga merupakan suatu pilihan kepada komsumen agar lebih memilih power suplay yang berkualitas dan tentunya bergaransi. Bebrapa power suplay sengaja dibuat untuk komputer yang berspesifikasi tinggi, agar penggunanya aman dari tegangan yang rendah, seperti pada komputer sepesifikasi game. Maka power suplay nya suadah menggunakan power suplay dengan jumlah output wattt yang lebih dari 450Watt, minimal yang dipakai adalah 600W.

Fungsi Power Suplay

Fungsi dari power suplay adalah mengubah arus AC menjadi DC. Jadi mengalirkan arus dari listrik ke hardware komputer dengan operasi arus DC berupa input arus bolak balik.

Cara Kerja Power Suplay

Cara kerja power suplay adalah ketika kalian menkan tombol power pada komputer, Maka power suplay akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sisitem memulai atau start. Apabilates berhasil, power suplay mengirm sinyal khusus pada mainboard/matherboard, yang disebut power good.

Jenis-Jenis Power Suplay 

Jenis power suplay pada komputer sekarang terbagi menjadi dua jenis, Yaitu power suplay At dan power suplay ATX berikut penjelasan lengkap nya

 1.Power suplay AT

Power suplay AT adalah jenis power suplay yang dapat dibilang sudah lama sekali. Dimasa jayanya, power suplay janis ini sering digunakan oleh komputer ber pentium II dan pentium III. Walaupaun sekarang sudah jarang ditemui, namun power suplay AT sesungguhnya mempunyai kelebihan. Power suplay ini mempunyai kabel power yang tersambung ke matherboard yang terbagi menjadi dua, yaiutu konektor P8 danP9, Resiko salah pasang dengan menggunkan power suplay AT ini sangat sedikit mengingat untuk memasang nya membutuhkan ketelitian  yang sangat tinggi. Kesalahan yang bisa terjadi adalah terbalik mengingat terdapat dua konektor penghubung. Untuk pemasangan yang benar kalian harus mematikan kable power warna  hitam pada masing-masing konektor. Pasangkan  dengan tepat pada tengah-tengah sambungan untuk menghindari konsleting. Untuk mematikan power suplay AT, kalian harus menetak tombol power suplay secara langsung karena jenis ini terhubung secara langsung dengan chasing komputer.


2.Power suplay ATX

Power suplay jenis ini mempunyai tampilan yang simpel dari pad power suplay sebelimnya. Untuk jenos power suplay  ini kabel konektor dan matherboard sudah menjadi satu dengan jumlah total 20 PIN, Oleh sebab itu, power suplay ini juga disebut dengan power suplay ATX 20 PIN.

Untuk memasang nya sangat mudah dilakukan. Hal yang perlu dilakukan ketika memasangnya adalah pastikan  memasangnya dengan bnar karena jika salah dapat menyebabkan kerusakan  pada port ataupun konektor.

Kelebihan dengan power suplay ATX daripada AT adalah pada tombol powernya. JIka memakai power suplay ATX 20 PIN  sudah dilengkapidengan auto shutdown yang fungsinya mematikan power suplay ketika komputer dimatikan sehingga kita tidak prlu menekan tombol power seperti pada power suplay AT. Dari jenis-jenis poer suplay yang telah disebutkan diatas. Maka power suplay ATX saat ini lebih banyak dipakai dan digunakan setiap komputer.


Jenis-Jenis Konektor Power Suplay

Dalam power suplay ada konektor yang fungsinya adlah menghubungkan tegangan dari power suplay kematherboard dan perangkat lain. Berikut jenis- jenis konektor dalam power suplay

  • Konektor 20/24 PIN ATX Matherboard
  • Konektor 4 pin paripheral power (untuk perangkat seperti DVD room, hardisk, kipas)
  • Konektor 4/8 pin 12V (untuk matherboard server)
  • Konektor 8 pin PCle (untuk kartu VGA/kartu grafis PCle)
  • Konektor Floppy (untuk floppy disk drive)
  • Kpnektor SATA (untuk hardisk/optical drive yang berjenis SATA)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama