Thermal paste  - adalah pasta penghantar panas yang sangat tinggi yang digunakan diantara dua buah objek / benda (biasanya heatsink dan CPU / GPU) agar dapat menghantarkan panas yang lebih baik. Thermal paste mengisi rongga mikroskopis yang terbentuk diantara dua buah objek objek (heatsink dengan CPU / GPU) yang dapat menjebak udara masuk di antaranya sehingga mengakibatkan kerugian pelepasan panas menuju ke heatsink. Udara adalah konduktor panas yang sangat jelek. Thermal Interface Materials (TIM) dapat mengkonduksikan (menghantarkan) panas hingga 100 kali lebih besar dari pada udara. Namun, pasta termal tidak lebih baik dari konduktor tembaga. Pasta termal yang terlalu banyak juga akan menghambat proses pelepasan panas sehingga kinerja heatsink tidak bisa maksimal.




Gambar diatas menunjukan kontak antara heatsink dengan CPU / GPU yang diperbesar beberapa kali. Tampak pada gambar diatas terjadi rongga mikroskopis yang bisa menjebak udara masuk di antaranya. Rongga putih pada gambar merupakan kantong udara yang harus berisi TIM sehingga proses pelepasan panas menjadi lebih baik. Jika kita memiliki heatsink dan CPU / GPU dengan kerataan sempurna sebenarnya kita tidak memerlukan thermal paste, namun hal itu tidak mungkin. Maka dari memerlukan kita memerlukan thermal paste sebagai pengisi rongga udara yang mampu membantu proses perambatan panas dari CPU ke heatsink.

Jenis Thermal Paste

Pada nyata ada tiga jenis pasta termal, yaitu:

1) Berbasis Logam
TIM ini merupakan jenis pasta termal yang paling populer karena mereka memiliki performa terbaik dari ketiganya. Pasta ini memiliki banyak partikel logam kecil pada pasta yang memiliki konduktifitas panas sangat tinggi. Salah satu kelemahan dari jenis pasta ini adalah mampu menghantarkan listrik yang dapat menyebabkan masalah.





2) Berbasis Keramik
TIM ini merupakan solusi terbaik dari menggunakan pasta berbasis logam ( metal based ). Thermal paste ini menganduk bahan konduktif (penghantar) panas yang banyak mengandung partikel keramik kecil. Keuntungan pasta termal berbasis keramik ini bahwa pastanya tidak dapat menghantarkan listrik.






3) Berbasis Silikon
TIM ini biasanya disediakan langsung dalam bentuk  bantalan termal  (kayu bakar) yang terpasang pada paket heatsink. Jenis ini dapat menghantarkan panas dengan baik dan kualitasnya tidak berbeda dengan jenis lainnya. Biasanya jenis thermal paste ini dijual bersama kit heatsink.






Sebenarnya masih ada jenis pasta termal lain, yaitu  thermal epoxy . Jenis ini biasanya berupa minyak biasa yang diterapkan secara permanen pada heatsink. Namun, epoksi termal tidak tersedia untuk beberapa kasus walaupun ada yang. Salah satu contoh penggunaan thermal epoxy adalah yang sering digunakan untuk merekatkan heatsink dengan chipset kartu video (kartu video). Biasanya epoksi termal digunakan untuk jangka waktu yang lama walaupun pada beberapa kasus jenis ini tidak dapat bekerja maksimal. Jika anda termasuk orang yang malas, ganti pasta termal makan yang lebih disarankan menggunakan jenis epoksi termal.Kerugian menggunakan jenis epoxy termal adalah sulit dalam proses penggantian, karena heatsink yang menempel lebih kuat dari jenis lainnya.
Jika anda mengganti epoksi termal maka masukanlah kartu video (kartu video) pada freezer (pendingin) sebelum mengupasnya. Suhu yang rendah akan membuat epoksi menjadi rapuh, sehingga akan lebih mudah untuk mengupasnya / membersihkannya.

Memilih Thermal Paste yang Benar


Ketika kita akan memilih jenis pasta termal, maka kita memilih salah satu jenis yang sesuai dengan kebutuhan dari dua jenis pasta termal yang mampu menghantarkan panas dengan baik, yaitu berbasis logam atau berbasis keramik. Disarankan menggunakan pasta termal berbasis logam (berbahan dasar logam) karena jenis ini merupakan yang terbaik dan banyak orang yang. Tapi hati-hati, karena jenis CPU / GPU sekarang tersusun dari berjuta-juta transistor dan komponen elektronik lainnya yang menonjol dan tampak dari luar.Jika kita tidak berpengalaman dalam mengubah heatsink yang menggunakan pasta termal secara terpisah maka hindari menggunakan pasta termal berbasis logam karena jika pasta termal berlebihan dan meleleh ke bagian komponen elektronik bisa mengakibatkan hubungan singkat pada komponen, akibatnya fatal, hubungan singkat dan komponen mati. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik memilih pasta termal berbasis keramik.
Pasta termal berbasis keramik lebih aman digunakan untuk komponen-komponen yang rangkaiannya terlihat, kecuali kita sudah terbiasa menggunakan pasta termal. Jangan sekali-kali menggunakan thermal paste metal based pada perangkat RAM karena bisa mengakibatkan hubungan singkat. Pastikan CPU / GPU yang kita miliki menggunakan  Heat Spreader Terintegrasi (IHS) yaitu berupa lempengan tembaga luas diatasnya. Namun, beberapa orang mencampakkannya untuk mendapatkan kinerja heatsink yang lebih maksimal.
Untuk thermal paste yang berkualitas, ada beberapa merk terkenal di antaranya  Arctic SilverArctic CoolingCoollaboratory , dan beberapa merk terkenal lainnya. Merk tersebut dibuat dengan material termal berkualitas tinggi dan telah banyak digunakan. Masih banyak merk lain yang lebih bagus namun tentunya dengan harga yang lebih mahal.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama